Srikandi Tangguh Menggelar Webinar Komunitas Belajar Sehat Digital: "Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data"

Pasuruan, 31 Juli 2024 – UPT SMP Negeri 1 Pasuruan kembali menyelenggarakan webinar berjudul "Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada pendidik, administrasi, dan stakeholder pendidikan lainnya tentang bagaimana memanfaatkan data dari rapor pendidikan untuk perencanaan yang lebih efektif dan berbasis data.

Webinar ini dirancang untuk membantu peserta memahami pentingnya data rapor pendidikan dalam merumuskan kebijakan dan strategi pendidikan yang lebih baik. Dengan meningkatnya kebutuhan akan pendekatan berbasis data dalam pendidikan, moderator webinar ini yaitu guru seni budaya Solichah Mila Wardani, S.Pd, menghadirkan beberapa sesi webinar sebagai berikut.

  1. Pemaparan keynote speaker 1, oleh kepala UPT SMP Negeri 1 Pasuruan, Agung Budiartati, M.Pd.
  2. pemaparan keynote speaker 2,oleh Pengawas SMP sekaligus guru penggerak angkatan 6, Aris Siswati, S.Pd.SD., M.Pd.
  3. Penjelasan narasumber 1, oleh bendahara BOS Pusat UPT SMP Negeri 1 Pasuruan, Neneng Fauziah, S.Pd. tentang “Ekplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data (PBD)”.
  4. Penjelasan narasumber 2, oleh operator BOS Daerah UPT SMP Negeri 1 Pasuruan, Zida Kamalia, S.Pd. tentang “Perencanaan Berbasis Data (PBD) terkait BOSDA”.
  5. Sesi Diskusi dan Tanya Jawab: Kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi, serta mengajukan pertanyaan.

Rapor Pendidikan merupakan platform yangmenyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu yang sudah ada sebelumnya. Platform ini digunakan sebagai acuan untuk melakukan proses Perencanaan Berbasis Data dengan melakukan identifikasi, refleksi, membenahi perencanaan, dan membenahi Implementasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi.

Bantuan Operasional Sekolah yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Bantuan ini diperuntukkan mendukung Barjas, modal KBM, mutu sekolah, inklusi, sekolah ramah anak dan cagar budaya. Narasumber juga menjelaskan secara rinci contoh PBD terkait BOSDA yang terdapat di UPT SMP Negeri 1 Pasuruan.

Peserta webinar mendapatkan berbagai wawasan penting mengenai bagaimana cara memanfaatkan data rapor untuk perencanaan pendidikan yang lebih strategis. Mereka belajar tentang teknik analisis yang efektif, serta mendapatkan pengetahuan praktis mengenai implementasi hasil analisis dalam perencanaan dan kebijakan sekolah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengolah data pendidikan untuk mendukung perencanaan yang lebih akurat dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Dengan adanya pemanfaatan data yang lebih baik, UPT SMP Negeri 1 Pasuruan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif.

Webinar "Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data" di UPT SMP Negeri 1 Pasuruan menjadi langkah penting dalam transformasi pendidikan berbasis data. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pendidik dan pengambil keputusan di sekolah dapat lebih terampil dalam menggunakan data untuk meningkatkan proses pembelajaran dan perencanaan pendidikan yang lebih strategis.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kelas Peneliti Cilik

Pasuruan, 3 Agustus 2024. Menjadikan peserta didik menyenangi bidang pengetahuan yang digelutinya adalah upaya untuk memberikan kesempatan peserta didik berkembang sesuai bakat, minat d

03/08/2024 12:14 - Oleh FIRDA ULYA NUR ROSYIDAH - Dilihat 62 kali
Meniti Impian: Empat Peserta Didik SMP Negeri 1 Pasuruan dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional

Surabaya, 16 – 18 Juli 2024, empat peserta didik SMPN 1 Pasuruan mengikuti ajang bergengsi yaitu Festival Lomba Seni Siswa Nasional di tingkat provinsi. SMPN 1 Pasuruan berhasil m

25/07/2024 13:54 - Oleh FIRDA ULYA NUR ROSYIDAH - Dilihat 58 kali
Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi | SEHAT DIGITAL | UPT SMP Negeri 1 Pasuruan

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Saya erman S.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pasuruan. Di era serba digital ini, perkembang

15/01/2023 21:23 - Oleh AKHMAD SAMSUDIN, S.Kom - Dilihat 468 kali