Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi | SEHAT DIGITAL | UPT SMP Negeri 1 Pasuruan

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Saya erman S.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pasuruan. Di era serba digital ini, perkembangan teknologi dan komunikasi telah membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Sebagai insan pendidik, kita harus mengikuti perkembangan tersebut dan mengaplikasikannya dalam berbagai aspek pengelolaan pembelajaran di sekolah.

Beberapa contoh pemanfaatan teknologi yang kami lakukan di SMP Negeri 1 Pasuruan adalah perencanaan berbasis data dengan memanfaatkan platform raport pendidikan untuk meningkatkan mutu satuan pendidikan. Kami juga menyampaikan materi pembelajaran melalui platform online untuk meningkatkan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Webinar melalui guru berbagi maupun Guru Belajar menjadi sarana pembelajaran yang kami gunakan.

Sebagai kepala sekolah, saya juga berupaya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen sekolah. Di SMP Negeri 1 Pasuruan, kami telah membuat program "Sehat Digital" yang menekankan pada dua bidang, yaitu bidang kurikulum dan bidang kesiswaan.

Dalam bidang kurikulum, kami mengembangkan aplikasi "si KBM" yang dilengkapi dengan fitur jurnal guru dan presensi peserta didik yang disinkronkan dengan pesan WhatsApp terjadwal. Pesan WhatsApp terjadwal tersebut dikirim tiga kali sehari. Pertama, di pagi hari pukul 06.45, aplikasi akan mengirimkan jadwal KBM kepada para guru. Kedua, pada pukul 8, aplikasi akan mengirim rekapitulasi peserta didik yang tidak masuk sekolah kepada wali kelas untuk diteruskan ke grup orang tua. Terakhir, pada pukul 14.00 WIB, aplikasi akan mengirimkan keterlaksanaan KBM di hari tersebut.

Selain itu, para guru juga diminta untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media sosial dengan bijaksana. Hal ini bertujuan agar warga sekolah dapat memanfaatkan media sosial dengan baik serta meningkatkan literasi dan karakter pelajar Pancasila.

Dalam bidang kesiswaan, kami mendorong OSIS, PMR, dan Pramuka untuk memiliki akun Instagram sebagai media sosial resmi. Hal ini bertujuan agar program yang telah dilaksanakan dapat didokumentasikan melalui gambar dan video untuk diunggah di akun Instagram masing-masing. Melalui media sosial ini, kami berharap dapat meningkatkan penguatan pendidikan karakter dengan nilai-nilai PMR dan Pramuka yang ditampilkan.

Program "Sehat Digital" yang kami terapkan di SMP Negeri 1 Pasuruan telah membawa manfaat besar dalam meningkatkan literasi digital dan penguatan pendidikan karakter bagi seluruh warga sekolah. Saya sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran yang memberikan tugas video yang diupload di media sosial, khususnya Instagram. Program digital ini juga sangat membantu dalam meningkatkan kedisiplinan warga sekolah.

Salam digital , wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kelas Peneliti Cilik

Pasuruan, 3 Agustus 2024. Menjadikan peserta didik menyenangi bidang pengetahuan yang digelutinya adalah upaya untuk memberikan kesempatan peserta didik berkembang sesuai bakat, minat d

03/08/2024 12:14 - Oleh FIRDA ULYA NUR ROSYIDAH - Dilihat 56 kali
Srikandi Tangguh Menggelar Webinar Komunitas Belajar Sehat Digital: "Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data"

Pasuruan, 31 Juli 2024 – UPT SMP Negeri 1 Pasuruan kembali menyelenggarakan webinar berjudul "Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Perencanaan Berbasis Data". Kegiatan ini bertujuan

01/08/2024 12:32 - Oleh FIRDA ULYA NUR ROSYIDAH - Dilihat 69 kali
Meniti Impian: Empat Peserta Didik SMP Negeri 1 Pasuruan dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional

Surabaya, 16 – 18 Juli 2024, empat peserta didik SMPN 1 Pasuruan mengikuti ajang bergengsi yaitu Festival Lomba Seni Siswa Nasional di tingkat provinsi. SMPN 1 Pasuruan berhasil m

25/07/2024 13:54 - Oleh FIRDA ULYA NUR ROSYIDAH - Dilihat 51 kali